Selasa, 05 Juni 2012

tugas-4-bahasa-indonesia-2

demo template blog and download free blogger template feature like magazine style, ads ready and seo friendly template blog
Laporan Buku 

harry-potter-dan-batu-bertuah 

Judul buku : Harry Potter dan Batu Bertuah (Harry Potter and The Sorcerer Stone)

Pengarang : J.K. Rowling

Penerjemah : Listiani Srisani

Penerbit : PT Gramedia Pustaka Utama

Tahun terbit : 2000

Tebal : 384 halaman


      1)  Pendahuluan

  Penulis memilih novel ‘Harry Potter dan Batu Bertuah (Harry Potter and The   Sorcerer Stone)’ untuk dijadikan tugas laporan buku, karena novel ini merupakan jenis novel fiksi yang sangat digemari oleh kaum segala umur. Novel ini menyajikan sebuah kisah petualangan dengan berbagai konflik yang banyak memberikan pelajaran hidup dan pesan moral kepada para pembaca tentang arti persahabatan, beberanian, dan cara menghadapi sebuah tantangan. Selain itu, penggunaan tata bahasa yang indah kian menambah pesona novel ini.

 

2)  Ringkasan Buku
     Harry berhasil selamat dari pembunuhan yang akan dilakukan musuh orang tuanya, Lord Voldemort. Padahal umurnya baru 1 tahun. Harry tinggal di rumah paman dan bibinya di Privet Drive no. 13 selama 11 tahun. Namun slama itu Harry belum pernah diperlakukan layak oleh paman dan bibinya. Mereka punya anak bernama Dudley-yang super duper besar-Dudley pun sama seperti kedua orang tuanya. Hingga suatu hari, kejadian ajaib mendatanginya. Seorang manusia setengah raksasa tiba-tiba mendatanginya dan mengatakan bahwa Harry seorang penyihir. Sontak saja paman dan bibinya kaget bukan main. Bagaimana mungkin rahasia yang mereka jaga selama 11 tahun terungkap begitu saja kalau Harry Potter adalah seorang penyihir. Singkatnya, Harry dibawa dan diperkenalkan dengan sebuah sekolah sihir bernama Hogwarts dan segala komunitas sihir yang selama ini bersembunyi. Dari sini petualangan Harry Potter “Anak yang Bertahan Hidup” dimulai Di tahun pertamanya di Hogwarts, Harry telah banyak dikenal. Ia juga selain berbakat sihir, juga bakat mengendarai sapu terbang sehingga ia dipilih menjadi seorang seeker di sebuah olahraga bernama Quidditch. Selain itu Harry punya 2 orang sahabat, Ronald Weasley dan Hermione Granger. Ron seorang yg konyol dan lucu. Sedangkan Hermione memiliki kecerdasan yang luar biasa. Merekalah yang membantu Harry Potter dalam petualangannya. Harry di akhir tahun ajaran pertamanya, berhasil tahu bahwa ada seseorang yang ingin mencuri “SORCERER STONE”, batu bertuah, yang disembunyikan di Hogwarts. Air yang dihasilkan batu itu bisa membuat peminumnya berumur panjang. Itulah yang diincar Voldemort, musuh yang telah membunuh kedua orang tua Harry. Namun, Harry, Ron dan Hermione bisa menggagal rencananya. Harry nyaris saja kehilangan jiwanya ketika tiba-tiba bekas lukanya begitu sakit saat berhadapan dengan Voldemort yang merasuki tubuh Quirrel. Harry nyaris tak tertolong jika saja Dumbledore, kepala sekolahnya, tidak datang disaat yang tepat.

 

3)      Komentar Penulis
Novel ini benar-benar layak disebut sebagai novel pembangun jiwa, karena telah memberikan banyak pesan moral bagi para pembaca. Novel yang dikemas dengan gaya bahasa yang sangat indah, lugas mengalir dan di satukan dengan aroma petualangan yang menegangkan ini telah berhasil membawa para pembacanya seolah-olah ikut larut dalam kejadian yang dikisahkan. 
4)      Kesimpulan
   Dengan membaca novel tersebut penulis mendapat gambaran baru tentang sebuah novel, karena dalam novel tersebut terdapat banyak pesan-pesan tentang pentingnya rasa kepercayaan dan saling memiliki antara sahabat menjadi kunci keutuhan dari novel tersebu. dengan gabungan antara petualangan dan persahabatan dalam novel tersebut kita dapat mengambil sisi baik yaitu hargai teman disekeliling kita dan tetap berani menghadapi apapun masalah seberat apapun itu.

 

0 komentar:

Posting Komentar

halaman

Archives

About

Foto saya
SAYA SEORANG MAHASISWA YANG MASIH BARU DALAM DUNIA BLOG....mohon bantuannya...
Baca aja, di jamin fun and makin suka sama anime....!!!